Senin, 24 Desember 2012

HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

PENGERTIAN MANUSIA MENURUT PARA AHLI



·         OMAR MOHAMMAD AL-TOUMY AL-SYAIBANY
Manusia adalah mahluk yang paling mulia, manusia adalah mahluk yang berfikir, dan manusia adalah mahluk yang memiliki 3 dimensi (badan, akal, dan ruh), manusia dalam pertumbuhannya dipengaruhi faktor keturunan dan lingkungan.

·         I WAYAN WATRA
Manusia adalah mahluk yang dinamis dengan trias dinamikanya, yaitu cipta, rasa dan karsa.

·         PAULA J. C & JANET W. K
manusia adalah mahluk terbuka, bebas memilih makna dalam situasi, mengemban tanggung jawab atas keputusan yang hidup secara kontinu serta turut menyusun pola berhubungan dan unggul multidimensi dengan berbagai kemungkinan

·          UPANISADS
Manusia adalah kombinasi dari unsur-unsur roh (atman), jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik. 

Jadi kesimpulannya dari pengertian manusia menurut para ahli
      Manusia adalah tubuh yang berjiwa yang terdiri dari unsur-unsur roh, jiwa, pikiran, dan prana atau badan fisik serta memiliki cipta , rasa dan karsa yang digunakan untuk berpikir dan mempertimbangkan segala keputusan yang akan dia lakukan untuk menjalani kehidupan sosialnya di masyarakat.


PENGERTIAN HUBUNGAN

         Hubungan adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang  untuk melakukan hubungan interaksi yang dilakukan secara timbal balik antara individu yang satu dengan individu yang lain dan saling mempengaruhi lingkungan kehidupan sekitarnya .  


PENGERTIAN KEBUDAYAAN MENURUT PARA AHLI


·         LARRY A. SAMOVAR & RICHARD E. PORTER
        Kebudayaan dapat berarti simpanan akumulatif dari pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, pilihan waktu, peranan, relasi ruang, konsep yang luas, dan objek material atau kepemilikan yang dimiliki dan dipertahankan oleh sekelompok orang atau suatu generasi.

·         GUDKUNTS & KIM
Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang dipertukarkan oleh sejumlah orang dalam sebuah
kelompok yang besar.

·         LEVO – HENRIKSSON
Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan kita setiap hari, terutama pandangan hidup ,
Seperti mitos maupun sistem nilai dalam masyarakat.

·         ROOS
Kebudayaan merupakan sistem gaya hidup dan merupakan faktor utama bagi pembentukan gaya
hidup

·         C.A VAN PEURSEN
Kebudayaan merupakan gejala manusiawi dari kegiatan berfikir (mitos, ideologi, dan ilmu),
komunikasi (sistem masyarakat), kerja (ilmu alam dan teknologi), dan kegiatan-kegiatan lain
yang lebih sederhana.

·         SELO SOEMARDJAN & SOELAIMAN SOEMARDI
Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang meliputi sistem ide yang ada dalam pikiran manusia
dalam pengalaman sehari hari yang sifatnya abstrak


Jadi kesimpulannya :
Kebudayaan adalah sistem pengetahuan yang merupakan gagasan ide-ide yang dimiliki manusia di dalam seluruh system, gagasan, rasa, Tindakan , dan  karya yang dihasilkan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, yang dijadikan miliknya dengan cara mempelajarinya ..


FAKTOR-FAKTOR TERBENTUKNYA KEBUDAYAAN 

  1. Kebudayaan yang timbul dari hasil yang dibuat dan diciptakan manusia.
  2. Hasil dari perilaku yang dilakukan oleh manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya.
  3. Adanya ide tau gagasan yang dibuat oleh manusia.
  4. Menciptakan nilai, aturan, norma dan kebiasaan yang dapat dipahami dan dipatuhi oleh semua manusia.
  5. Pengaruh lingkungan sosial tempat tinggal manusia.
  6. Aturan hukum yang ada di masyarakat.
  7. Adanya pengaruh kebudayaan dari setiap suku bangsa yang melebur menjadi satu kesatuan.

HUBUNGAN MANUSIA DENGAN KEBUDAYAAN


Manusia dan kebudayaan adalah sesuatu yang saling berkaitan satu dengan lainnya yang tidak dapat terpisahkan dalam interaksi manusia dengan lingkungannya. Manusia dan kebudayaan saling berinteraksi secara timbal balik yang memberikan banyak pengaruh baik maupun buruk terhadap kehidupan manusia dengan lingkungannya, Secara sederhana hubungan antara manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku kebudayaan, dan kebudayaan merupakan obyek yang dilaksanakan manusia.  Dalam ilmu sosiologi manusia dan kebudayaan dinilai sebagai dwitunggal, yang artinya bahwa walaupun keduanya berbeda tetapi keduanya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kebudayaan juga disebut sebagai superorganic yaitu sebagai sesuatu yang secara turun-temurun diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya. Kebudayaan di masyarakat dibuat oleh nenek moyang kita dan kita sebagai manusia dipaksa harus beradaptasi mengatai masalah-masalah yang terjadi di kehidupan sosial masyarakat sehingga dibentuklah sebuah kebudayaan yang dapat memecahkan masalah sosial tersebut sehingga semua masyarakat dapat mematuhi , mengikuti , dan menghormati kebudayaan tersebut agar hubungan manusia dengan lingkungannya dan kebudayaannya memiliki sistem yang jelas, nyata, dan teratur. Faktor penting dari hubungan manusia dan kebudayaan adalah manusia. Tanpa manusia suatu kebudayaan tidak dapat terbentuk dengan sendirinya. Oleh karena itu peran manusia dalam pembentukkan kebudayaan sangat penting. 



CONTOH HUBUNGAN MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

  1. Kebudayaan berdasarkan adat-istiadat , contohnya : Di Jawa Barat dalam suatu pernikahaan yang melamar adalah laki-laki, tetapi di Minangkabau yang melamar adalah perempuan
  2. Kebudayaan berdasarkan agama , contohnya : di dalam agama islam , alkohol, dan makan daging babi dan anjing dilarang tetapi di agama lain tidak diharamkan.
  3. Kebudayaan berdasarkan kebiasaan , contohnya : Di Negara barat atau Eropa seperti Amerika Serikat seks bebas tidak dilarang, tetapi di Negara timur seperti di indonesia seks bebas sangat dilarang.
  4. Kebudayaan berdasarkan kelas sosial , contohnya : Wanita di kelas sosial yang tinggi memilih untuk menjadi wanita karir sedangkan wanita yang berada di kelas bawah memilih menjadi ibu rumah tangga yang mengurus keluarganya.
  5. Kebudyaan berdasarkan tempat tinggal ( lingkungan ) , contohnya : Kebersihan di pasar berbeda dengan kebersihan di perumahan jika di pasar banyak berserakan sampah-sampah seperti sampah bekas sayuran tetapi di daerah komplek perumahan sangat bersih karena setiap warganya selalu bertanggung jawab atas setiap lingkungan sekitar rumahnya.


2 komentar: