Senin, 07 Mei 2012

KEINDAHAN ALAM GUNUNG MERAPI

      Gunung merapi adalah gunung berapi teraktif di bagian tengah Pulau Jawa , Indonesia. Gunung merapi dikelilingi oleh banyak kabupaten di daerah Jawa Tengah. Lereng gunung berapi bagian selatan berada dalam wilayah administrasi kabupaten Sleman , Daerah Istimewa Yogyakarta. Dan sisanya berada dalam wilayah provinsi Jawa Tengah , yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat , kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur , serta kabupaten klaten di sisi Tenggara. Gunung merapi merupakan hutan yang luas yang di tumbuhi oleh banyak tumbuh-tumbuhan. Di kawasan hutan sekitar puncak Gunung Merapi juga telah menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. kembali



         Gunung merapi memiliki keindahan alam yang luar biasa tetapi disamping memiliki keindahan alam yang luar biasa Gunung merapi juga merupakan Gunung berapi yang sangat berbahaya . Sejak tahun 1548 gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali . Wilayah yang paling dekat dengan Gunung Merapi adalah Kota Magelang dan Kota Yogyakarta. Wilayah ini adalah wilayah yang paling sering terkena dampak langsung dari letusan merapi jika sedang terjadi erupsi gunung merapi. 

      Belum lama ini tepatnya pada tanggal 5 november 2010 gunung merapi kembali meletus dengan memuntahkan lava pijar , lava dingin dan awan panas yang memberikan efek bahaya kepada masyarakat sekitar gunung berapi. Awan panas yang keluar dari gunung berapi membakar semua apapun yang ia lewati.



       Mbah maridjan yang telah menjadi juru kunci gunung merapi pun meninggal karena tidak terselamatkan oleh semburan awan panas gunung merapi. Penyebab mbah maridjan meninggal karena mbah maridjan tidak mau turun dari gunung merapi untuk mengungsi ke posko pengungsian yang jaraknya sangat jauh dari gunung merapi. mbah maridjan tidak ingin mengungsi karena dia mandapat amanah dari Sri Sultan HB IX untuk menjaga gunung merapi sampai dia mati. Mbah maridjan pun menepati janjinya untuk menjaga gunung merapi sampai dia meninggal terkena terjangan awan panas gunung merapi. Mbah maridjan di temukan meninggal oleh tim sar dalam keadaan sujud di dapur rumahnya. Seluruh desa yang berada di sekitar gunung merapi benar-benar telah luluh lanta akibat terjangan awan panas. Banyak warga desa sekitar gunung merapi yang menjadi korban meninggal dan terluka akibat keganasan letusan gunung merapi.

        Setelah letusan gunung merapi desa-desa yang berada di sekitar kaki gunung merapi seperti desa Kinahrejo, Cangkringan, Umbul Harjo, tempat Mbah Maridjan tinggal telah menjadi potensi pariwisata yang luar biasa. Banyak turis mancanegara maupun lokal yang datang berkunjung ke desa kinahrejo untuk melihat secara langsung dampak yang ditimbulkan oleh awan panas yang dikeluarkan gunung merapi. Masyarakat sekitar gunung merapi juga memanfaatkan potensi yang ada di desanya untuk dibuka sebagai wisata lokal lava gunung merapi.



     Wisata lokal lava yang ada di gunung merapi mengajak kita untuk berkelilin menikmati pemandangan gunung merapi. Untuk dapat menikmati wisata lava gunung merapi kita harus menggunakan mobil jeep yang dapat melewati medan yang sulit akibat terjangan awan panas gunung merapi. Dengan berkeliling di sekitar gunung merapi  kita dapat melihat pemandangan yang sangat tandus, panas, dan kering akibat dari letusan gunung merapi. Kita juga dapat melihat beberapa warga desa sekitar gunung merapi yang sedang mengumpulkan  pasir letusan gunung merapi untuk dijual kembali agar mendapatkan uang untuk kembali membangun rumah mereka. Desa kinahrejo tempat mbah maridjan tinggal dan meninggal sekarang telah menjadi desa wisata yang mengundang banyak turis lokal maupun asing. Di desa ini juga setiap bulan rejeb selalu diadakan upacara labuhan gunung merapi yang dilakukan oleh keraton yogyakarta sebagai rasa syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan hasil bumi dari gunung merapi yang sangat berlimpah.



      Meskipun letusan gunung merapi sangat dahsyat dan luar biasa dampaknya yang ditimbulkan untuk warga desa sekitar gunung merapi. warga desa sekitar gunung merapi tetap tidak ingin pindah dari gunung merapi karena mereka merasa gunung merapi adalah tempat yang paling nyaman untuk mereka tinggali.

      








                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar