Jumat, 28 Desember 2012

USAHA MANUSIA MEMPERTAHANKAN KEINDAHAN BAHASA DAERAH DI INDONESIA





Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara manusia dari berbagai negara dan daerah. Setiap Negara memiliki berbagai macam daerah yang berkembang di Negara tersebut. Negara  Indonesia adalah Negara terbesar yang memegang rekor dunia memiliki bahasa daerah terbanyak yaitu  583 bahasa daerah dan 67 dialek dari bahasa induk yang digunakan berbagai suku di Indonesia. Negara Indonesia juga merupakan Negara yang memiliki suku bangsa terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis yang menetap di Indonesia. Negara Indonesia juga merupakan Negara kepulauan terbesar di Indonesia yang terdiri dari ± 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Negara Indonesia juga dikenal sebagai Negara maritim karena memiliki banyak pulau. Negara Indonesia menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Negara Indonesia juga memiliki banyak bahasa daerah yang berkembang di masyarakat Indonesia. Banyaknya bahasa daerah di Indonesia disebabkan oleh Keanekaragaman suku , perbedaan wilayah , ajaran dari nenek moyang dan perbedaan sosial budaya. Faktor tersebut yang membentuk bahasa daerah di Indonesia memiliki ciri khas , keunikan dan karakteristik darimana bahasa daerah itu berasal. Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga karena kita memiliki banyak sekali bahasa daerah yang harus kita jaga dan lestarikan agar tidak diambil lagi oleh Negara lain. 

Usaha-usaha yang dapat kita lakukan sebagai rakyat Indonesia dalam menjaga dan melestarikan keindahan bahasa daerah Indonesia agar tidak punah yaitu :
  1. Kita harus memiliki niat yang kuat untuk memepelajari bahasa daerah Indonesia.
  2. Kita harus menimbulkan rasa cinta, senang , bahagia , dan rasa ingin melestarikan agar kita bisa mempelajari bahasa daerah tersebut dengan mudah.
  3. Kita selalu melakukan perjalanan ke daerah-daerah tempat berasalnya bahasa daerah tersebut agar kita bisa mempelajari bahasa daerah tersebut dengan baik dan benar.
  4. Kita harus selalu mau terus belajar bahasa daerah Indonesia lainnya.
  5. Kita harus terus berlatih berbicara bahasa daerah Indonesia.
  6. Kita harus selalu membaca buku mengenai bahasa daerah tersebut daan mengetahui sejarah bahasa daerah itu berasal agar kita bisa lebih mendalami makna bahasa daerah tersebut dan mengetahui budaya daerah dari bahasa daerah tersebut.
  7. Kita harus menyediakan tempat les bahasa daerah agar bahasa daerah Indonesia tidak hilang karena desakan dari bahasa asing.
  8. Melakukan komunikasi antara anggota keluarga dengan menggunakan bahasa daerah dari keluarga tersebut berasal.

Upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam melestarikan dan menjaga keindahan bahasa daerah Indonesia agar tidak punah tergerus oleh perkembangan zaman, yaitu :
  1. Membuat undang-undang hukum yang kuat untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah Indonesia , yaitu :  Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 tahun 2009. Isinya : Bahasa daerah merupakan bahasa yang digunakan secara turun-menurun oleh warga Negara Indonesia di daerah-daerah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Mengadakan Kongres Bahasa-Bahasa Daerah Indonesia.  Seperti yang belum lama ini dilakukan yaitu Kongres Bahasa-Bahasa Daerah II Di Sulawesi Selatan yang diselenggarakan pada tanggal 1 – 4 oktober 2012 di Hotel Clarion Makasar. Kongres ini diselenggarakan oleh Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa ( Pusat Bahasa ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.Melakukan revitalisasi Bahasa Daerah Indonesia. Revitalisasi adalah proses , cara , dan perbuatan yang menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya kurang terberdaya di dalam kehidupan masyarakat Indonesia.
  3.  Melakukan festifal budaya daerah dan memperkenalkan bahasa daerah tersebut dengan melakukan pertunjukan yang menggunakan bahasa daerah tersebut , seperti pertunjukan teater , pertunjukan music , dan lain-lain.
  4. Membuat peraturan agar setiap sekolah dan kampus harus mengajarkan bahasa daerah di setiap kurikulumnya . 




CONTOH KASUS
Di Pulau Buru , Maluku Tengah terdapat bahasa daerah yaitu Bahasa Kayeli. Bahasa Kayeli adalah bahasa Austronesia yang terdapat di Maluku Tengah , Provinsi Maluku , Indonesia. Bahasa Kayeli terancam punah karena bahasa tersebut hanya tinggal dikuasai oleh empat orang saja yang berusia di atas 60 tahun dan keempat orang tersebut terakhir kali menggunakan Bahasa Kayeli pada 30 tahun yang lalu.

SARAN
       Sebagai generasi muda Indonesia kita semua pasti akan sedih dan miris mendengar bahwa Bahasa Kayeli hampir punah karena tidak ada penerus dari generasi muda yang dapat melestarikan bahasa tersebut. Bahasa Kayeli bukanlah satu-satunya bahasa daerah yang hampir punah tapi masih ada ± 746 bahasa daerah lainnya di wilayah Indonesia yang juga akan terancam kelestariannya karena tergerus oleh perkembangan zaman. Dalam usaha untuk melestarikan keindahan bahasa daerah Indonesia kita sangat memerlukan hubungan kerja sama yang kuat  antara masyarakat , pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Usaha yang dapat kita lakukan sebagai masyarakat setempat daerah tersebut kita harus mewajibkan kepada anak dan cucu kita agar bisa menggunakan bahasa tersebut dengan benar. Usaha yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah adalah pemerintah daerah harus menyediakan sarana dan prasarana  pendidikan yang layak untuk masyarakat setempat agar dapat mempelajari bahasa daerah tersebut. Usaha yang dapat dilakukan oleh pemerintah pusat adalah memberikan peraturan kepada pemerintah daerah agar terus memeriksa perkembangan bahasa daerah tersebut , selain membuat peraturan yang tegas , pemerintah pusat juga harus memberikan dana untuk mendukung peraturan yang diberikan oleh pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Pemberian dana ke pemerintah daerah juga dapat memberikan program pelestarian keindahan bahasa daerah tersebut dilakukan dengan merata dan cepat kepada masyarakat daerah tersebut. Pemerintah pusat juga harus selalu mengawasi penggunaan dana tersebut agar pemberian dana tersebut bisa memberikan hasil yang bermanfaat kepada masyarakat. Dengan melakukan pengawasan dana tersebut oleh pemerintah pusat maka pihak-pihak tertentu yang berada di dalam program pelestarian keindahan bahasa daerah Indonesia tidak akan melakukan tindakan Korupsi .
Oleh karena itu , Kita sebagai generasi muda Indonesia harus memiliki rasa cinta , bangga , dan mau melestarikan budaya dan bahasa daerah Indonesia. Budaya dan bahasa daerah kita adalah sesuatu hal yang sangat mahal dan tidak bisa dibeli oleh apapun di dunia ini karena budaya dan bahasa daerah Indonesia adalah warisan nenek moyang kita yang sangat berharga. Cintailah Budaya Dan Bahasa Daerahmu Karena Dengan Itu Engkau Akan Mengenal Negerimu.

SUMBER REFERENSI


1 komentar: